RPP Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti, Kelas X semester 1, Materi Pokok Agama Bagi Kehidupan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah                        : SMA Dharma Karuna
Mata pelajaran             : Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : X / I
Hari/Tanggal                : Senin, 9 Juli 2018
Materi Pokok               : Agama Bagi Kehidupan
Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit (3 Jam Pelajaran)

A.  Kompetensi Inti
KI 1  :Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja  sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3  :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4  :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan




B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :
Kompetensi Dasar
Indikator
1.2   Mengamalkan peranan agama, tujuan hidup, dan perlindungan berdasarkan agama Buddha
1.2.1 Medeskripsikan peranan agama dalam kehidupan manusia
2.2   Mengamalkan perilaku bertanggung jawab dan peduli tentang peranan agama, tujuan hidup, dan perlindungan berdasarkan agama Buddha
2.2.1 Menunjukkan peranan agama-agama dalam kehidupan manusia
3.2  Memahami peranan agama, tujuan hidup, dan perlindungan berdasarkan agama Buddha
3.2.1 Menjelaskan prinsip-prinsip ajaran agama-agama besar di Indonesia
3.2.2 Menjelaskan macam-macam tujuan hidup menurut agama Buddha
4.2 Menyaji peranan agama, tujuan hidup, dan perlindungan berdasarkan agama Buddha
4.2.1 Mempresentasikan peran agama bagi kehidupan
4.2.2 Merumuskan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan masyarakat

C.  Tujuan Pembelajaran :
Melalui metode pembelajaran Discovery, peserta didik dapat menganalisis peranan agama, tujuan hidup, dan perlindungan berdasarkan agama Buddha dengan tepat.
D.  Materi Pembelajaran :
Ø  Ajaran Buddha
Ø  Peranan Agama
Ø  Agama dan Kerukunan
E.  Model dan Metode Pembelajaran :
Ø  Model Discovery Learning
F.   Media/Alat Pembelajaran :
Ø  Laptop dan LCD Projector
Ø  Power point, gambar, dan video
G. Sumber Belajar :
·      Buku teks siswa Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti SMA Kelas X
·      Referensi lain, internet
H.  Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Guru
Aktivitas Peserta Didik
Pendahuluan (15 menit)

1.   Pembukaan pembelajaran dengan berdoa
Bersama-sama beranjali dan membacakan namakara gatha.
2.   Mengecek kehadiran siswa
Peserta didik hadir dengan disiplin
3.     Guru menyampaikan peta konsep dan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
Peserta didik mendengarkan peta konsep yang disampaikan oleh guru dengan baik
4.   Menyampaikan manfaat mempelajari materi tentang peran agama bagi kehidupan
Peserta didik mendengarkan manfaat mempelajari materi tentang peran agama bagi kehidupan
5.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran dan siswa dapat mengajukan pertanyaan apabila siswa belum memahami tujuan yang akan dicapai

Kegiatan inti (110 menit)

Guru minta peserta didik menggali informasi dengan membaca buku dan sumber lain
Peserta didik menggali informasi dengan membaca dari berbagai sumber (buku teks, internet dan buku referensi).

Peserta didik dapat berinteraksi dengan teman tentang pengalamannya sebelumnya yang diperoleh dari membaca dan mengamati sumber lain.

Sintaks 1 : Pemberian Rangsangan
Guru menampilkan video tentang peran agama bagi kehidupan


Peserta didik memberikan pendapat video yang ditampilkan
Sintaks 2 : Identifikasi Masalah
Guru meminta peserta didik untuk menjelaskan hubungan video dengan peran agama bagi kehidupan

Peserta didik menjelaskan hubungan tentang peran agama bagi kehidupan
Sintaks 3 : Pengumpulan Data
Guru meminta peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 3-4 orang
Guru meminta peserta didik melakukan wawancara dengan warga sekitar sekolah tentang kerukunan umat beragama

Peserta didik membentuk kelompok sesuai instruksi guru

Peserta didik melakukan wawancara dengan warga sekitar sekolah tentang kerukunan umat beragama
Sintaks 4 : Pengolahan Data
Guru mengamati dan memberi arahan kepada peserta didik dalam mendiskusikan hasil wawancara tentang kerukunan umat beragama

Peserta didik mendiskusikan hasil informasi yang diperolah dari wawancara dengan warga sekitar sekolah tentang kerukunan umat beragama
Sintaks 5 : Pembuktian
Guru memberikan penjelasan tambahan tentang peran agama dalam kehidupan


Peserta didik mengungkapkan mengenai peran agama dalam kehidupan
Sintaks 6 : Menarik Kesimpulan
Guru memberikan penjelasan tambahan tentang toleransi dan kerukunan umat beragama.



Peserta didik menyimpulkan materi tentang peran agama dalam kehidupan

Kegiatan Penutup (10 Menit)


1.     Refleksi dan umpan balik terhadap kegiatan belajar mengajar yang telah berlangsung, untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang peran agama dalam kehidupan

2.     Informasi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.


3.     Mengakhiri kegiatan pembelajaran.


Peserta didik memberikan umpan balik




Peserta didik mengumpulkan dan mencari informasi materi yang akan dipelajari minggu depan.

Peserta didik beranjali dan membacakan namaskara gatha untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.


I.     Penilaian dan Hasil Pembelajaran :
Teknik dan Instrumen Penilaian :
No.
Teknik Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
Penilaian Kompetensi Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
2.
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Tes Tertulis Uraian
3.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
Tes Praktik
1.      Teknik penilaian melalui observasi, tes tertulis, dan penugasan 
2.      Instrumen penilaian (terlampir)



Mengetahui,
Kepala SMA Dharma Karuna




Katman, S. Ag, M. Pd.
NIP.........                                                   

 
Ampel, 9 Juli 2018

Praktikan




Wahyu Triwido
       NIP 1618081240
 



                                                                  






















LAMPIRAN 1

PENILAIAN KOMPETENSI


1.  PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP

A.  SIKAP SPIRITUAL (KI.1)

Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru/peserta didik untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (ü) pada kolom skor sesuai dengan sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:

1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

Satuan Pendidikan

Nama Peserta Didik

Kelas/Semester

Tanggal Pengamatan

 
No
Nama
Aspek
Ketenangan
Sikap
Penghayatan











B.     SIKAP SOSIAL

Penilaian sikap (Afektif) dilakukan melalui observasi guru terhadap perilaku yang ditunjukkan siswa saat proses pembelajaran berlangsung.
           
   Lembar observasi yang digunakan
No
Nama
Hari/tgl
kejadian
Positif/negatif
Sikap
Ket
1






2






3






4






5






Dst







2.  PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN

Uji Kompetensi Pengetahuan

Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
Kelas/Semester       : X/Ganjil
Waktu                     : 15 menit
Materi                     : Sejarah Perkembangan Agama Buddha Di Indonesia
Kompetensi dasar    : Menganalisis organisasi Buddhis dan perkembangan agama Buddha pada zaman penjajahan dan kemerdekaan

Nama Sekolah
Mata Pelajaran

Kelas / Semester
: 
:
: Pend. Agama Buddha dan  
  Budi Pekerti

: X / 1

Bentuk Soal
Alokasi Waktu
Tahun Ajaran
:   Uraian
:   90 menit

:   2017-2018
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Nomor Soal
Jenis Soal
1
Memahami peranan agama, tujuan hidup, dan perlindungan berdasarkan agama Buddha
Organisasi Buddhis, Perkembangan Agama Buddha di Indonesia
Peserta didik menyebutkan organisasi-organisasi Buddhis Agama Buddha di Indonesia
1
Lots
2
Memahami peranan agama, tujuan hidup, dan perlindungan berdasarkan agama Buddha
Organisasi Buddhis, Perkembangan Agama Buddha di Indonesia
Peserta didik dapat menjelaskan  perkembangan Agama Buddha di Indonesia
2
Lots
3
Memahami peranan agama, tujuan hidup, dan perlindungan berdasarkan agama Buddha
Organisasi Buddhis, Perkembangan Agama Buddha di Indonesia
Peserta didik dapat menjelaskan tokoh kebangkitan agama Buddha di Indonesia
3
Hots 


Petunjuk
Jawablah soal-soal di bawah ini!

1.      Sebut dan jelaskan organisasi Agama Buddha di Indonesia!
2.      Jelaskan perkembangan Agama Buddha di Indonesia!
3.      Berdasarkan profil dari  Ashin Jinarakkhita dibawah ini, bagaimana  upaya yang dilakukan oleh Ashin Jinarakkhita untuk membangkitkan Agama Buddha?


RUBRIK PENILAIAN
Kriteria
Skor
Indikator
organisasi Agama Buddha di Indonesia
30
Menyebutkan organisasi-organisasi Buddhis Agama Buddha di Indonesia
perkembangan Agama Buddha di Indonesia
25
Menjelaskan  perkembangan Agama Buddha di Indonesia
Tokoh kebangkitan agama Buddha di Indonesia
45
Menjelaskan tokoh kebangkitan agama Buddha di Indonesia
Jumlah skor
100


Nilai Akhir : Skor Perolehan    X 100
                        Skor Maksimal

3.      PENILAIAN KETERAMPILAN
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam pengamatan pada saat pelaksanaan diskusi.

No.
Nama
AspekPenilaian
Total Nilai
Nilai Akhir
Keterampilan Bertanya
Keterampilan Menjawab
Keterampilan Merespon
1






2






3






4






5






dst







Keterangan pemberian penilaian:
50           : Sangat Aktif
40           : Aktif                                     * Nilai Akhir =
30           : Cukup Aktif
20           : Kurang Aktif
10           : Tidak Aktif
SUMBER BELAJAR
a.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
b.      Witono & Sulan, Hemajayo. 2011. Buku Pendidikan Agama Buddha SMA Dharmacakra Kelas X. Jakarta: CV. Karunia Jaya

Penulis : Wahyu Triwido
Tugas Mata Kuliah Strategi Pendidikan 2
Dosen Pengampu : Katman, S. Ag, M. Pd.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas XII semester 2, Materi pokok Pergaulan Bebas

Pidato Sambutan terpilih menjadi ketua BEM STIAB Smaratungga