RPP Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas XII semester 2, Materi pokok Pergaulan Bebas
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah
: SMA Karuna
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
Tahun Ajaran :
2018/2019
Kelas/Semester :
XII / II
Hari/Tanggal :
Selasa, 9 September 2018
Materi
Pokok : Pergaulan
Bebas
Alokasi Waktu : 15 menit
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji,
dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK) :
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.2 Menghayati menghindari pergaulan bebas
|
1.2.1
Medeskripsikan pergaulan bebas dalam kehidupan
sehari-hari
|
2.2 Mengamalkan perilaku
bertanggung jawab dan peduli tentang menghindari pergaulan bebas berdasarkan agama
Buddha
|
2.2.1 Menunjukkan bahaya sebab dan akibat dari pergaulan bebas
|
3.2 Memahami penyebap
pergaulan bebas, hindari sahabat palsu bergaul dengan sahabat sejati, akibat
pergaulan bebas, jalan keluar dari pergaulan bebas berdasarkan agama Buddha
|
3.2.1
Menjelaskan sebab dan akibat pergaulan bebas
3.2.2
Menjelaskan hindari sahabat palsu bergaul dengan sahabat sejati
3.2.3
Menjelaskan jalan keluar dari pergaulan bebas
|
4.2 Menyaji penyebap
pergaulan bebas, hindari sahabat palsu bergaul dengan sahabat sejati, akibat pergaulan
bebas, jalan keluar dari pergaulan bebas berdasarkan agama Buddha
|
4.2.1 Mempresentasikan
sebab dan akibat pergaulan
bebas
4.2.2 Mempresentasikan
hindari sahabat palsu bergaul dengan sahabat sejati
4.2.3
Mempresentasikan jalan keluar dari pergaulan bebas
|
C. Tujuan Pembelajaran :
Melalui metode
pembelajaran Problem Based Learning peserta didik dapat menganalisis materi
pergaulan bebas dengan tepat.
D. Materi Pembelajaran :
Ø Sebab
akibat pergaulan bebas
Ø Hindari
sahabat palsu bergaul dengan sahabat sejati
Ø Jalan
keluar dari pergaulan bebas
E. Model dan Metode Pembelajaran :
Ø Model Problem Based Learning
F. Media/Alat Pembelajaran :
Ø Laptop dan LCD Projector
Ø Power point, gambar, dan video
G. Sumber Belajar :
·
Buku
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
·
Referensi
lain, internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Guru
|
Aktivitas Peserta Didik
|
Pendahuluan (1,5 menit)
|
|
1. Pembukaan pembelajaran dengan berdoa
|
Bersama-sama beranjali dan
membacakan namakara gatha.
|
Kegiatan inti (12 menit)
|
|
Tahap
1
Orientasi terhadap masalah
|
Guru
menyajikan masalah nyata kepada peserta didik tentang pergaulan bebas
|
Tahap
2
Organisasi belajar
|
Guru
memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah nyata yang telah
disajikan, yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang
perlu mereka ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Peserta didik berbagi peran/tugas untuk menyelesaikan masalah tersebut.
|
Tahap
3
Penyelidikan individual maupun
kelompok
|
Guru
membimbing peserta didik untuk membuat 3 kelompok, masing masing kelompok
mendiskusikan tentang permasalahan pergaulan bebas yaitu kelompok pertama
sebab dan akibat pergaulan bebas, kelompok kedua hindari sahabat palsu dan
berteman dengan sahabat sejati, kelompok ketiga jalan keluar dari pergaulan
bebas.
|
Tahap
4
Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
|
Guru
membimbing peserta didik untuk menentukan penyelesaian masalah yang paling
tepat dari tiap
kelompok yang peserta didik temukan. Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah dalam bentuk gagasan.
|
Tahap
5
Analisis dan evaluasi proses
penyelesaian masalah
|
Guru memfasilitasi peserta didik untuk
melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah
sebab akibat pergaulan bebas, hindari sahabat palsi bergaul dengan sahabat
sejati dan jalan keluar dari pergaulan bebas menurut ajaran Sang Buddha.
|
Kegiatan Penutup (1,5 Menit)
|
|
Mengakhiri kegiatan
pembelajaran.
|
Peserta didik beranjali dan membacakan namaskara gatha untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran.
|
I. Penilaian dan Hasil Pembelajaran :
Teknik dan
Instrumen Penilaian :
No.
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
Penilaian
Kompetensi Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap
|
2.
|
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
|
Tes Tertulis Uraian
|
3.
|
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
|
Tes Praktik
|
1.
Teknik penilaian melalui observasi, tes tertulis, dan penugasan
2.
Instrumen penilaian (terlampir)
|
Ampel, 9 September 2018
|
LAMPIRAN 1
PENILAIAN KOMPETENSI
1. PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP
A. SIKAP
SPIRITUAL (KI.1)
Petunjuk:
Lembaran
ini diisi oleh guru/peserta didik untuk menilai sikap spiritual peserta didik.
Berilah tanda cek (ü) pada kolom skor sesuai dengan sikap spiritual yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
3 = sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan
4 = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Satuan Pendidikan
|
|
Nama Peserta Didik
|
|
Kelas/Semester
|
|
Tanggal Pengamatan
|
|
No
|
Nama
|
Aspek
|
||
Ketenangan
|
Sikap
|
Penghayatan
|
||
|
|
|
|
|
B.
SIKAP SOSIAL
Penilaian
sikap (Afektif) dilakukan melalui observasi guru terhadap perilaku yang
ditunjukkan siswa saat proses pembelajaran berlangsung.
Lembar observasi yang digunakan
No
|
Nama
|
Hari/tgl
|
kejadian
|
Positif/negatif
|
Sikap
|
Ket
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
2. PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN
Uji Kompetensi Pengetahuan
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XII/Genap
Waktu :
15 menit
Materi : Pergaulan Bebas
Kompetensi dasar : Menganalisis sebab akibat pergaulan bebas,
hindari sahabat palsu bergaul dengan sahabat sejati, dan jalan keluar dari
pergaulan bebas
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
|
:
:
: Pend. Agama Buddha dan
Budi Pekerti
: XII / 2
|
Bentuk Soal
Alokasi Waktu
Tahun Ajaran
|
: Uraian
: 90 menit
: 2018-2019
|
||||
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
Jenis Soal
|
||
1
|
Memahami sebab akibat
pergaulan bebas
|
Pergaulan Bebas
|
Peserta didik menyebutkan sebab dan akibat
pergaulan bebas
|
1
|
Lots
|
||
2
|
Memahami hindari sahabat
palsu bergaul dengan sahabat sejati
|
Pergaulan Bebas
|
Peserta didik dapat menjelaskan hindari sahabat palsu bergaul dengan sahabat sejati
|
2
|
Lots
|
||
3
|
Memahami jalan keluar dari
pergaulan bebas
|
Pergaulan Bebas
|
Peserta didik dapat menjelaskan jalan keluar dari
pergaulan bebas
|
3
|
Hots
|
||
Petunjuk
|
Jawablah soal-soal di bawah
ini!
|
1. Jelaskan alasan-alasan
atau sebab terjadinya pergaulan bebas!
2. Mengapa
sebaiknya kita menghindari sahabat palsu dan bergaul dengan sahabat sejati?
3. Bagaimana
caranya mengatasi pergaulan bebas sesuai dengan ajaran Buddha?
RUBRIK PENILAIAN
Kriteria
|
Skor
|
Indikator
|
Alasan-alasan
atau sebab pergaulan bebas
|
30
|
Menjelasakan
alasan-alasan pergaulan bebas
|
Hindari
sahabat palsu dan bergaul dengan sahabat sejati
|
30
|
Menjelaskan alasan menghindari sahabat
palsu dan bergaul dengan sahabat sejati
|
Jalan
keluar dari pergaulan bebas
|
40
|
Menjelaskan jalan
keluar dari pergaulan bebas menurut ajaran Buddha
|
Jumlah skor
|
100
|
|
Nilai Akhir : Skor Perolehan X
100
Skor
Maksimal
3. PENILAIAN KETERAMPILAN
Guru
melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam pengamatan pada saat
pelaksanaan diskusi.
No.
|
Nama
|
AspekPenilaian
|
Total Nilai
|
Nilai Akhir
|
||
Keterampilan Bertanya
|
Keterampilan Menjawab
|
Keterampilan Merespon
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pemberian penilaian:P
50 :
Sangat Aktif
40 :
Aktif * Nilai Akhir =
30 :
Cukup Aktif
20 :
Kurang Aktif
10 :
Tidak Aktif
SUMBER BELAJAR
a. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia.
Penulis : Wahyu Triwido
Komentar
Posting Komentar